Cara Mengubah Warna Mata Dengan Photoshop   Leave a comment

Informasi Tutorial

Program Adobe Photoshop
Versi Creative Suite (CS)
Tingkat Kesulitan Pemula
Estimasi Waktu 15 Menit
Download Klik tautan ini
 

Pernah penasaran ingin melihat wajah sendiri dengan warna (iris) mata yang berbeda-beda? Atau mungkin ragu membeli lensa kontak warna apa yang cocok dengan kulit wajah? Entah itu rasa penasaran atau keraguan, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan Adobe Photoshop. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe PhotoshopZoom in foto hingga area kedua mata tampak lebih fokus dan detail.

Zoom In

Zoom In

 

Kemudian klik Quick Mask Tool, seketika Foreground Color akan berubah warna menjadi hitam. Klik Brush Tool, pilih jenis kuas Hard Round dan ukuran yang sedikit lebih kecil dari iris mata (bagian mata yang berwarna). Warnai area iris di kedua mata hingga tampak seperti pada gambar. Tahap ini adalah tahap pembentukan seleksi, pastikan seluruh area iris mata tertutup rapi oleh tinta merah bawaan Quick Mask Tool.

Seleksi Mata

Seleksi Mata

Apabila kedua mata sudah diwarnai, kini klik kembali tombol Quick Mask Tool dan tinta merah yang tadinya mewarnai area iris berubah menjadi garis putus-putus. Klik Rectangular Tool,kembali ke area foto, klik kanan dan pilih Select Inverse. Sekarang kedua iris mata sudah berada dalam garis seleksi. Klik kanan kembali (di area foto) dan klik Layer via Copy, maka layer baru (Layer 1) akan muncul di Layer tab. Isinya memang hanya area iris mata saja, sehingga dampaknya tidak akan kelihatan pada foto kecuali icon mata pada layer Background diklik/di-off-kan. 

Iris Mata

Iris Mata

Pastikan Layer 1 (layer baru) terpilih, klik Image > Adjustment > Color Balance. Maka akan muncul kotak dialog dengan sejumlah panel yang bisa digeser. Silahkan mainkan panel tersebut untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Ketika kali pertama masuk, halaman default adalahMidtones. Namun untuk memperkuat warna, tidak menutup kemungkinan melakukan perubahan pada halaman Shadows dan Highlights. Cara kerjanya pun sama, cukup geser saja panel ke arah warna yang diinginkan.  Perlu diketahui: Cyan adalah warna tosca (hijau kebiruan) dan Magentaadalah warna merah keunguan.

Color Balance

Color Balance

Hasilnya bisa dilihat pada foto di bawah ini.

Hasil Akhir Warna Mata

Bereksperimen dengan warna memang seru, tetapi selain untuk keperluan pesta kostum dan tema horror selayaknya warna mata yang digunakan adalah warna-warna yang umum dimiliki oleh manusia. Meskipun melalui proses digital, pastikan hasilnya senatural mungkin. Selamat mencoba!🙂

Posted February 12, 2013 by aqibhidayatullah in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: