Tutorial Photoshop: Mempercantik Bibir dengan Lipgloss   Leave a comment

Informasi Tutorial

Program Adobe Photoshop
Versi Creative Suite (CS)
Tingkat Kesulitan Pemula
Estimasi Waktu 15 Menit
Download Klik tautan ini
 

Setelah mengetahui trik rahasia pengaplikasian lipstik pada bibir menggunakan Photoshop, kini mengaplikasikan lipgloss melalui software yang sama pun bukan rahasia lagi. Lipglossmerupakan perona bibir dengan kandungan mineral yang dominan sehingga dapat memberikan efek bibir lebih berisi serta pantulan cahaya sehingga bibir tampak mengkilat atau glossy. Dengan berbekal Adobe Photoshop, kini bibir dengan lipstik matte (tidak mengkilat) atau tanpa lipstik sekalipun bisa tampak seperti dipulas lipgloss. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klikDuplicate Layer. Sebelumnya, disarankan untuk mempelajari trik pemberian warna pada bibir di sini, bisa menggunakan Color Balance maupun dengan menuangkan warna ke dalam seleksi.Zoom in foto dan mulai beri warna bibir sesuai keinginan.

Color

Color

Pengaplikasian lipgloss umumnya menggunakan kuas yang sudah disertakan, sehingga hasilnya akan tampak rapi di bibir. Oleh karena itu saat mewarnai, jangan sampai ada warna yang meluber keluar garis bibir. Kalaupun garis bibir tidak rapi, gunakan Clone Stamp Tool untuk merapikannya. Untuk efek bibir penuh dan mempertegas garis bibir, gunakan warna satu tone lebih tua dari warna bibir yang digunakan. Buat layer baru dan beri nama “Dark”. Kemudian buat garis mengelilingi bibir dengan menggunakan Brush Tool jenis kuas Soft Round berukuran kecil. Kemudian ubahBlending menjadi Multiply, ubah Opacity menjadi 70% dan klik Filter > Blur > Gaussian Blur (geser parameter hingga 5-6 piksel atau sampai warna menyatu dengan warna di bawahnya).

Dark Shadow

Dark Shadow

Sekarang untuk membuat efek mengkilat atau glossy, langkah yang harus ditempuh cukup mudah. Cermati pantulan cahaya yang ada (perhatikan bayang-bayang putih di bibir). Buat layer baru, klikBrush Tool dan pilih jenis kuas Soft Round berukuran 4-5 piksel (kecil). Pilih warna putih pada tab Swatch lalu warnai bayang-bayang putih yang ada di bibir dengan mengikuti bentuknya.

03-light

Ubah Opacity menjadi 70% dan lihat hasilnya. Apabila hasil editan sudah dianggap cukup, jangan lupa untuk menyimpannya (save as) ke dalam file .JPEG.

Hasil Akhir Lipgloss

Hasil Akhir Lipgloss

Penutup

Pada beberapa foto efek mengkilat bisa jadi berada di kedua belahan bibir. Oleh karena itu, sebelum membuat kilatan perhatikan bayang-bayang cahaya alami yang sudah ada pada. Bayang-bayang tersebut akan membantu menampilkan efek mengkilat yang lebih natural. Selamat mencoba!🙂

Posted January 22, 2013 by aqibhidayatullah in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: