Make Up series Lipstick   Leave a comment

Informasi Tutorial

Program Adobe Photoshop
Versi Creative Suite (CS)
Tingkat Kesulitan Pemula
Estimasi Waktu 20 Menit
Download Klik tautan ini
 

Pengaplikasian lipstik pada bibir bisa mengubah rona warna wajah seseorang; bisa jadi hasilnya terlihat pucat atau malah sebaliknya malah mencerahkan. Artikel ini tidak akan memberikan tips penggunaan warna lipstik yang bagaimana yang tepat untuk wajah tertentu, melainkan langkah-langkah penambahan atau pengayaan warna bibir dengan menggunakan warna asli bibir yang sudah ada. Dengan berbekal Adobe Photoshop, kini seorang wanita bisa memiliki warna lipstik yang mana saja. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klikDuplicate Layer.

Duplicate Layer

Duplicate Layer

Zoom in foto hingga bagian yang akan diedit tampak jelas dan ini akan memudahkan saat melakukan seleksi mengelilingi bibir.

Zoom out ke Daerah Bibir

Zoom in ke Daerah Bibir

Seleksi Bibir

Buat seleksi mengelilingi bibir, gunakan Pen Tool untuk melakukan tahap ini. Pastikan untuk tidak membuat garis bibir baru sehingga nanti hasilnya bibir kelihatan lebih lebar dari seharusnya, ikuti saja garis bibir yang asli. Ketika titik pointer awal dan akhir sudah bertemu dan garis membentuk bibir (lihat gambar), klik kanan dan klik Make Selection > klik OK (lihat gambar).

Select Pen Tool

Select Pen Tool

Make Selection

Make Selection

Atur Color Balance

Klik Image > Adjustments > Color Balance, mainkan parameter dengan menggesernya ke kanan dan kiri di ketiga kelompok warna untuk mendapatkan warna bibir/lipstik yang dikehendaki (lihat gambar). Perlu diketahui Cyan: sejenis tosca, Magenta: warna keunguan. Bila sudah, klik OK. Klik kanan foto Deselect.

 

CB 01 Pink

CB 01 Pink

CB 02 Orange

CB 02 Orange

CB 03 Teracotta

CB 03 Teracotta

Memunculkan Warna Hot Red pada Bibir

Warna bibir tertentu tidak bisa memunculkan warna hot red atau merah darah/gelap karena warna natural bibir terlalu pucat (seperti pada foto). Untuk itu, bila ingin mengaplikasikan warna ini harus menggunakan trik lain. Buka file dan buat layer baru di atas layer Background.

Make Layer

Make Layer

Seleksi menggunakan Pen Tool seperti tahap ke-3, bedanya setelah pointer bertemu, klik kanan dan klik Fill Path. Pilih Foreground Color lalu klik OK (lihat gambar).

Fill Path

Fill Path

Sebelumnya pilih warnanya terlebih dahulu (lihat gambar). Setelah garis terisi warna, ubahBlending dari Normal menjadi Multiply untuk mendapatkan efek merah gelap. Pastikan layer yang baru dibuat tadi terpilih (lihat di tab Layers, bila warnanya abu-abu gelap artinya layer sudah terpilih).

select-+-fill hot red

Ubah Blending

Blur bagian tepi bibir yang sudah diwarnai tadi supaya warna bibir kelihatan menyatu dengan kulit. Lihat bedanya pada foto di atas.

After and Before Blur

After and Before Blur

Ketika warna yang ditampilkan sudah sesuai dengan yang diinginkan, save as foto sebagai file .JPEG. Hasil pengaplikasian warna lipstik yang berbeda bisa dilihat pada foto.

Make Up series Lipstick color palette

Make Up series Lipstick color palette

Penutup

Ingat untuk menggunakan warna yang natural, warna yang umum digunakan pada lipstik kebanyakan atau setidaknya mendekati warna bibir. Kalau tidak, hasilnya akan menyerupai Lady Gaga yang hobi bereksperimen dengan warna lipstik ekstrim. Kecuali fotonya untuk pesta kostum. Selamat mencoba!🙂

Posted January 22, 2013 by aqibhidayatullah in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: