Trik Menambahkan Item pada Send To Menu di Windows 7   Leave a comment

Menu Send To biasa kita gunakan untuk memindahkan folder atau data dari satu tempa ke tempat lain. Tempat tersebut bisa bermacam-macam, dari desktop untuk membuat shortcut, removable media, cd drive, atau library tertentu. Ternyata di Windows 7 kita bisa menampilkan opsi item yang lebih banyak lagi di menu Send To, dan edisi ini kita akan mengulasnya secara singkat.
Menampilkan item tambahan

Menu Send To bisa kita lihat dengan melakukan klik kanan pada folder atau file. Biasanya ada 5 atau 6 items standar pada menu seperti Compressed (zipped) folder, Desktop (create shortcut), Documents, Fax Recipient, Mail Recipient, DVD RW Drive.

 
Mungkin kita memerlukan lokasi send to tambahan karena suatu hal sehingga menambahkan item tambahan pada menu merupakan ide yang bagus. Cara untuk melihat item tambahannya sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol SHIFT pada saat melakukan klik kanan.

Setelah itu nampaklah item-item tambahan yang bisa kita gunakan.
Melihat Daftar Item menu Send To

Di mana ya lokasi item-item tersebut? Bukalah Windows Explorer lalu pada location bar ketikkan alamat berikut:

shell:sendto

Setelah itu akan muncul item standar yang ada pada menu send to di Windows Explorer.
Menambahkan Item Secara Permanen

Kita sudah bisa menampilkan item tambahan dengan bantuan tombol shift pada menu send to dan juga melihat daftar item standar pada menu send to melalui Windows Explorer. Selanjutnya kita bisa menambahkan item baru secara permanen dengan tujuan memudahkan pengelolaan data. Misalkan kita ingin menambahkan lokasi dropbox pada menu send to karena kita ingin memindahkan suatu file ke folder dropbox melalui menu send to.

Masih pada lokasi daftar item standar menu send to, drag folder dropbox menuju lokasi item send to. Setelah berhasil melakukan drag, sebuah shortcut akan muncul pada direktori tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Itu tandanya bahwa ada item tambahan berupa lokasi dropbox pada menu send to. Cara ini juga dapat dilakukan untuk lokasi lain misalkan library Pictures, Music, dan lokasi lainnya.
Walaupun menu Send To ini bukanlah hal yang spesial, tapi jika mampu dimaksimalkan penggunaannya maka kita bisa mengelola data dengan cukup mudah seperti memindahkan data ke lokasi yang berbeda tanpa harus melakukan copy-paste yang kadang cukup memakan waktu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posted December 20, 2012 by aqibhidayatullah in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: